Seputar Sistem Pemasaran Waralaba

11 Likes Comment

Dalam pengertian pemasaran waralaba, Kegiatan umumnya terfokus pada pewaralaba (pusat) dengan didukung oleh dana yang berasal dari terwaralaba (mitra). Berikut bentuk implementasi pemasaran waralaba:

Seputar Sistem Pemasaran Waralaba

Seputar Sistem Pemasaran Waralaba

  1. Waralaba merupakan bisnis yang sangat giat melakukan pemekaran usaha melalui sistem kemitraan. Selain strategi bisnis yang ditujukan untuk menarik konsumen juga diharapkan mampu menggaet terwaralaba. Karena itu, salah satu yang mampu mendukung implementasi sistem pemasaran waralaba adalah sertifikat ISO 9001, sebuah standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Perusahaan waralaba yang telah memiliki sertifikat ISO 9001 dianggap sebagai perusahaan bisnis yang profesional, ternama, bermutu, dan mampu memenuhi keinginan konsumen dengan baik.
  2. Setelah memiliki ISO 9001, kedudukan perusahaan secara resmi telah diakui oleh pemerintahan dan kalangan bisnis serta masyarakat. Selanjutnya, waralaba fokus pada kegiatan advertising atau promosi. Dengan sistem yang terpusat, pewaralaba menampung ide atau saran dari terwaralaba untuk membuat materi periklanan yang bersifat general yang kemudian akan ditayangkan kepada publik.
  3. Selain melakukan promosi general di media elektronik dan cetak, perusahaan waralaba melakukan event atau kegiatan yang menyentuh langsung masyarakat selaku target pasar. Hal ini merupakan implementasi lain dari strategi bisnis waralaba. Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang perindustrian dan perdagangan seringkali memanfaatkan kegiatan ini untuk melakukan promosi secara tidak langsung. Sebut saja, kegiatan yang dilakukan KFC atau Pop Mie yang mengadakan festival band atau festival cheerleader. Bahkan KFC juga ikut serta dalam produksi Kaset atau CD dari pemusik pendatang tersebut.
  4. Selain event tersebut di atas, beberapa perusahaan perindustrian dan perdagangan menyediakan anggaran khusus donasi untuk kegiatan sosial. Hal ini sangat baik untuk membangun brand di mata konsumen.
  5. Selain strategi bisnis pemasaran yang terfokus pada pewaralaba. Terwaralaba juga perlu untuk melakukan promosi secara lokal. Promosi tersebut lebih terkait pada event bermuatan lokal. Seperti lomba menggambar atau lomba foto, dan lain sebagainya. Tujuannya untuk menarik minat konsumen lokal pada produk atau jasa yang dipasarkan.

 

You might like

About the Author: masterseoid

Saya adalah admin dari masterseoid.com yang menyajikan informasi menarik seputar informasi online yang memang sudah sangat berkembang. Oleh sebab itu saya berharap semua informasi yang saya sajikan ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca di blog saya ini. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *