Ingin Uninstall dan Reinstall Google Play Store? Ini Cara Cepatnya!

1 Like Comment

Google Play Store merupakan aplikasi penting dimana sebagai wadah atau market bagi para pengguna smartphone Android. Di sana para pengguna bisa memperoleh berbagai aplikasi, game, buku, dan lain sebagainya. Tentunya dapat banyak meringankan pekerjaan maupun memenuhi keinginan Anda. Walau demikian, ada saja pengguna Android yang merasa bermasalah dengan aplikasi ini sehingga ingin unsinstall dan reinstall Google Play atau ingin uninstall saja. Masing-masing pengguna punya alasan dan tentunya kebebasan untuk melakukan hal itu.

Ingin Uninstall dan Reinstall Google Play Store? Ini Cara Cepatnya!

Alasan umum yang ditemui kenapa pengguna ingin meng-uninstall Google Play Store adalah mereka menemui masalahatau error pada aplikasi ini sehingga menjadikan sering gagal mendownload aplikasi ataupun memperbarui aplikasi. Jika jalan Clear cache dan Clear data belum bisa menyelesaikan masalah, mungkin dengan meng-uninstall kemudian meng-install-nya kembali (reinstall) bisa menyelesaikan masalah. Lalu, bagaimana cara uninstall dan reinstall Google Play Store? Ketimbang penasaran, simak ulasan berikut ini mengenai cara mudah uninstall dan reinstall Google Play Store selengkapnya.

  • Cara Mudah Uninstall dan Reinstall Google Play Store

Secara default Google Play Store tertanam pada aplikasi system sehingga tidak mungkin untuk dihapus kecuali smartphonemu sudah di-root. Apabila smartphonemu belum di-root, yang mungkin dapat Kamu lakukan adalah dengan menyembunyikan atau menonaktifkan aplikasi. Berarti cara ini tidak benar-benar meng-unsinstall Google Play Store karena sebenarnya masih bisa diaktifkan lagi.

 

Cara ini termasuk aman daripada harus root smartphonemu, jika tujuannya hanya ingin mematikan aplikasi Google Play store saja (bukan dengan tujuan menginstall ulang). Kalau smartphonemu sudah root maka tentu saja kendali Android ada di tanganmu termasuk menghapus atau meng-uninstall Google Play Store yang biasanya merupakan aplikasi system.

  • Menyembunyikan atau Menonaktifkan Google Play Store tanpa Root

Anda bisa saja menyelesaikan masalah Google Play Store dengan cara menyembunyikan dan menonaktifkan aplikasi pada sistem Android. Namun, menonaktifkan aplikasi system umumnya dipandang sebagai lebih aman daripada rooting, terutama jika Kamu kurang paham dengan apa yang harus dilakukan.

 

Beberapa ponsel, seperti Samsung Galaxy, memiliki opsi “hide apps” yang akan menyembunyikan aplikasi tertentu dari App Drawer, meskipun aplikasi itu masih akan berjalan di latar belakang. Jika Anda ingin menyembunyikan Play Store dan smartphonemu memiliki opsi ini, buka App Drawer, pilih pada “Options” dan pilih “Hide Apps”. Kemudian pilih aplikasi yang ingin disembunyikan, dalam hal ini Google Play Store, dan tekan “Done”. Sekarang Play Store tersembunyi, tetapi masih berjalan sehingga perlu dinonaktifkan.

 

Untuk menonaktifkan Play Store, pergi ke “Settings” dan pilih “Apps” dan geser ke “All”. Gulir ke bawah sampai Kamu menemukan Google Play Store, tekan “Force stop”, dan kemudian tekan “Disable”. Sekarang, Play Store tidak lagi berjalan pada perangkat Android Anda alias sudah dinonaktifkan. Ingat! Tidak semua smartphone mengizinkan untuk menonaktifkan aplikasi system, seperti Google Play Store. kalau sudah begini maka root adalah solusinya. Bagi yang belum paham tentang root silahkan lihat di sini.

 

 

  • Menghapus atau Uninstall Google Play Store dengan Akses Root

Pada metode ini, apabila Androidmu sudah di-root maka akan semakin mudah. Kamu dapat menghapus Google Play Store dengan memanfaatkan manajer aplikasi yang menggunakan akses root seperti System app remove atau ES File Explorer. Sebagai contoh, kita menggunakan ES File Explorer, pertama buka aplikasi ES File Explorer lalu ketuk pada Menu (ada di pojok kiri atas). Gulir ke bawah dan aktifkan opsi Root Exporer (biasanya muncul peringatan permintaan root dari aplikasi SuperSU atau sejenisnya, intinya izinkan ES File Explorer mengakses root). Lalu pilih Uninstall System App, cari dan ketuk Google Play Store. Pilih opsi Uninstall dan terakhir reboot perangkat Androidmu. Video tutorialnya dapat dilihat di sini.

  • Menginstall Ulang (Reinstall) Google Play Store

Setelah aplikasi Google Play Store berhasil di-uninstall, Anda bisa kembali menginstallnya yaitu dengan menggunakan file APK dari Google Play Store. Anda bisa memperoleh file APK-nya di situs download, sebagai contohnya. Setelah file APK berhasil didownload simpanlah di kartu SD atau memori internal, kemudian buka dan install seperti biasa.

 

Sebagai “catatan”, Anda harus mengaktifkan ‘Unknown Sources’ dari Settings> Security, sehingga Anda dapat menginstall aplikasi dari luar app market. Anda dapat menonaktifkannya kembali setelah menginstall aplikasi yang dibutuhkan.

 

Jika Anda baru saja menginstal custom ROM dan di dalamnya belum terdapat GAPPS (Google Applications), termasuk Google Play Store atau Anda ingin mencoba menginstall kembali GAPPS di smartphonemu.

Nah, demikian informasi lengkap mengenai cara mudah uninstall dan reinstall Google Play Store kali ini, diharapkan informasi diatas bisa menjadi referensi positif bagi Anda yang ingin melakukan uninstall dan reinstall Google Play Store pada smartphone Anda. Selamat mencoba tipsnya dan semoga bermanfaat.

You might like

About the Author: masterseoid

Saya adalah admin dari masterseoid.com yang menyajikan informasi menarik seputar informasi online yang memang sudah sangat berkembang. Oleh sebab itu saya berharap semua informasi yang saya sajikan ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca di blog saya ini. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *