Pengertian Dan Cara Penerapan SEO Onpage
Pengertian Seo On Page
Seo On Page adalah serangkaian proses pemanfaatan SEO di dalam suatu website dengan cara seoptimal mungkin.

Penerapan Seo On Page yang Benar
Sebelum membahas tentang langkah penerapan Seo On Page yang benar perlu Anda ketahui bahwa langkah-langkah dibawah ini sebagian besar diperuntukkan untuk CMS WordPress. Jika Anda menggunakan CMS lain maka tinggal sesuaikan saja.

1. Manfaatkan Heading 1 dan Heading 2 dengan Tepat
Umumnya Heading 1 digunakan untuk menulis judul website sementara Heading 2 digunakan untuk menulis judul artikel. Namun sebenarnya penerapan tersebut tidaklah mutlak, tergantung untuk apa H1 dan H2 digunakan.
Bila Anda ingin orang-orang mengenal website Anda secara keseluruhan, ingat judul dan url website, langsung membuka url website Anda bukan link artikel tertentu maka pada homepage aturlah judul website menggunakan H1 dan judul artikel menggunakan H2.

Sementara bila Anda memiliki tujuan meningkatkan pageview artikel tertentu maka gunakan H1 untuk judul artikel dan H2 untuk judul website.

Mengapa harus begitu? Mesin pencarian–terutama Google—akan mendeteksi H1 terlebih dahulu dibandingkan dengan H2 maka jika target Anda adalah orang-orang mengenal website Anda penggunaan H1 untuk judul website akan mengarahkan mereka menuju homepage website Anda begitu pula bila H1 digunakan untuk judul artikel.
Ada yang harus Anda garis bawahi: orang-orang yang melakukan pencarian melalui Google ingin langsung diarahkan ke suatu artikel berisi informasi yang mereka butuhkan. Jika mereka merasa artikel tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka maka mereka akan menambahkan artikel tersebut ke bookmark browser, mengunduhnya atau menyimpan link artikel. Mereka tidak akan mengingat judul website tersebut.

Bila pageview artikel meningkat otomatis akan meningkatkan jumlah pengunjung website Anda. Maka bila Anda ingin meningkatkan jumlah pengunjung website, sebaiknya buat sasaran pada artikel tertentu.
Lalu bagaimana cara mengatur agar saat di homepage judul website menggunakan H1 dan pada saat di halaman artikel H1 digunakan untuk judul artikel?

Bila Anda menggunakan theme WordPress terbaru yang responsive maka theme tersebut sudah menerapkan pengaturan H1 dan H2 secara otomatis. Namun bila ternyata theme Anda belum menerapkannya maka gantilah dengan theme terbaru.
Apabila Anda bisa pemorgraman maka Anda bisa mengaturnya secara manual dengan mengoprek theme tersebut.

2. Gunakan Heading 1 Sekali Saja
Banyak orang yang menerapkan penggunaan Heading 1, Heading 2 dan Heading 3 saat menulis artikel di website. Beberapa orang akan menjadikan Heading 1 sebagai judul artikel dan menggunakannya untuk menulis keyword utama, kemudian Heading 2 akan digunakan untuk keyword turunan.

Orang-orang melakukan hal tersebut karena mengira semakin banyak Heading 1 yang terdapat di dalam artikel maka akan meningkatkan pageview artikel pada mesin pencarian. Namun dalam penerapan Seo On Page yang benar hal tersebut justru kurang optimal. Bila Anda menggunakan H1 untuk judul artikel dan untuk keyword utama padahal keyword dan judul artikel berbeda maka akan menyebabkan mesin pencarian bingung dalam menentukan topik utama artikel Anda.

Oleh karena itu gunakan H1 sekali saja. Lalu bagaimana dengan H2, H3 dan seterusnya? Anda bisa menggunakan H2, H3, H4 dan H5 lebih dari satu kali.
3. Wajib Gunakan Theme/Template yang Responsive
Bagi Anda yang baru pertamakali di dunia website dan belum mengetahui apa itu theme atau template responsive berikut pengertian singkatnya:

Theme/template yang responsive adalah theme/template yang bisa menyesuaikan bentuk dan ukuran sesuai dengan perangkat (gadget) yang digunakan oleh seseorang untuk membuka website tersebut.

Contohnya jika Anda membuka website melalui smartphone berukuran 5 hingga 6 inchi maka tampilan website tersebut akan menyesuaikan dengan ukuran smartphone. Begitu pula bila Anda membuka website melalui laptop/komputer. Biasanya desainnya jadi sedikit berbeda karena menyesuaikan ukuran gadget.

Bagaimana contoh theme/template yang tidak responsive? Theme yang tidak responsive hanya memiliki 1 ukuran yang biasanya mengutamakan tampilan untuk laptop/komputer. Jika Anda membuka website dengan theme yang tidak responsive melalui komputer dan HP maka tampilannya akan sama. Biasanya tampilan di HP akan sangat besar, sehingga tulisannya menjadi sangat kecil, Anda harus memperbesarnya sendiri, kadang ada tulisan yang terpotong sehingga tidak dapat dibaca.

Theme yang tidak responsive tentu saja membuat para pengunjung website jadi kesulitan untuk membaca artikel dan melakukan pencarian pada search box website. Hal tersebut membuat orang-orang akan merasa malas untuk mengunjungi website itu lagi. Maka gunakanlah theme yang resposive untuk meningkatkan atau paling tidak mempertahankan jumlah pengunjung website Anda.

4. Manfaatkan Link Juice
Langkah terakhir penerapan Seo On Page yang benar adalah dengan memanfaatkan link juice. Selama ini barangkali Anda sudah tidak asing dengan backlink, tapi pernahkah Anda mendengar istilah link juice?
Bila Anda pernah mendengar sekilas seputar link juice barangkali Anda mendapatkan pengertian yang salah: Link Juice adalah backlink.

Pengertian tersebut sebenarnya kurang tepat. Link Juice memang hampir mirip dengan backlink hanya saja link juice bukan backlink. Link juice berkaitan dengan backlink.

Linkjuice adalah “rangking”, “nilai”, “kualitas” atau “reputasi” yang dimiliki oleh hyperlink atau website yang menautkan link menuju website lain.

Contohnya begini: Anda memiliki dua website bernama A dan B. Website A Anda memiliki traffic yang tinggi. Pada website A, Anda selalu menyisipkan link untuk menuju website B sebanyak mungkin. Karena website A sering mengarahkan para pembacanya untuk menuju ke website B maka Link Juice alias “rangking” atau “reputasi” dari link tersebut cukup tinggi.

Link Juice dari sebuah website atau artikel yang tinggi akan mempengaruhi posisinya pada mesin pencarian.

Load More By penulist
Load More In Seo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Keren! Kini Google Chrome Menawarkan Fitur Andalannya

Produk Google memang tidak pernah mengecewakan, salah satunya adalah web browser ciptaanny…