6 kesalahan promosi di sosial media
Dewasa ini, melakukan bisnis online merupakan sebuah hal yang paling banyak diminati setiap orang. Pengusaha pemula lebih memilih untuk memulai karirnya di dunia maya karena melihat banyak keuntungan yang dapat diraih. Berbagai kemudahan yang ditawarkan dari usaha online sendiri menjadikan lahirnya para pebisnis baru yang berjiwa muda.

Menyelami bisnis online memanglah satu hal yang menarik. Karena siapapun dapat melakukannya, dimana saja dan kapan saja, asalkan kamu selalu terhubung dengan akses internet. Berjualan online pun adalah sebuah pekerjaan yang sangat mudah untuk dilakukan. Kamu bisa bekerja dengan santai di rumah tanpa terikat waktu kerja.
Namun, walau terlihat mudah untuk ditekuni. Banyak juga yang harus mundur setengah jalan dan usahanya harus gulung tikar. Biasanya ini diakibatkan karena pebisnis pemula terkesan terlalu terburu buru untuk memperoleh hasil dengan mempromosikan produknya. Bukan hanya itu, kerugian nyatanya juga bisa didapatkan yang disebabkan cara perjualan yang salah oleh pebisnis pemula.

Untuk menghindari kerugian atau pun kegagalan saat menjalankan bisnis online. Kamu harus terlebih dahulu mengetahui beberapa hal yang dianggap dapat membuat usaha kamu harus tutup. Dengan mengetahui informasi tersebut maka kamu bisa menjalankan bisnis tanpa takut harus bangkrut. Berikut adalah 6 kesalahan yang tidak boleh dilakukan dalam promosi di media sosial agar bisnis kamu menguntungkan. Mari simak ulasan berikut :

1. Berbisnis Karena Kemauan Sendiri atau Ikut Ikutan?
Jika kamu melakukan bisnis online karena melihat teman atau ikut ikutan sebaiknya segera berhenti. Sekarang ini sangat banyak kita lihat orang yang berbisnis karena melihat orang lain telah sukses besar dan memperoleh penghasilan yang melimpah ruah. Namun sayang, kamu tidak pernah mengetahui apa yang mereka tempuh terlebih dahulu untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Sehingga kamu pun tergesa gesa untuk berbisnis di media sosial dengan tujuan agar kaya raya. Kamu memasarkan produk dengan cara yang tidak terkonsep dan tanpa ingin belajar terlebih dahulu. Hasilnya, produk yang kamu tawarkan akan kalah dari banyaknya saingan dan bisnis kamu pun terpaksa tutup.

Jika memang kamu ingin memulai berjualan di media sosial, ada baik karena kemauan diri sendiri bukan karena ikut ikutan. Mulailah sebuah usaha itu dengan niat yang baik, maka kamu akan memperoleh hasil yang baik pula. Belajar cara berbisnis yang baik dan bertanya kepada yang berpengalaman juga sebuah hal bagus untuk kamu lakukan sebelum membuka usaha online.

2. Usahakan Untuk Tidak Membeli Followers
Banyak sekali pebisnis pebisnis pemula yang melakukan kecurangan untuk menarik perhatian konsumen, yakni dengan membeli followers. Namun sayang, terkadang followers yang dibeli adalah followers pasif. Maka sebaiknya kamu berpikir tujuh kali untuk membeli followers.

Nyatanya, kini setiap pengguna media sosial adalah insan yang kritis sehingga tidak mudah untuk tertipu. Akun kamu akan dilihat dari jumlah followers, jumlah like, serta jumlah komentar yang seimbang. Untuk itu jadilah pebisnis yang baik, jujur dan sabar.

3. Tidak Ingin Menjadi Followers
Banyak pebisnis ingin memiliki akun dengan jumlah followers yang banyak. Namun, hal ini terkadang menjadi sebuah kesulitan bagi pebisnis baru. Hal ini disebabkan akun kamu sebagai pebisnis pemula belum dikenal banyak orang. Sehingga kamu tidak harus menyamankan dengan produk produk terkenal dan mempunyai banyak pengikut yang aktif.

Pada kondisi seperti ini, langkah terbaik untuk kamu lakukan ialah menjadi seorang followers. Juga jangan lupa untuk mengikuti kembali akun konsumen kamu. Usahakan untuk membangun sebuah komunikasi yang baik dengan konsumen yang ada di media sosial. Karena hal ini akan sangat menguntungkan untuk kamu selaku pebisnis pemula.

4. Tidak Peduli Terhadap Konten
Menyajikan konten kreatif merupakan ilmu sihir agar dapat menarik perhatian konsumen. Namun banyak juga pebisnis pemula yang tidak peduli terhadap konten konten yang ia suguhkan. Misalnya, hasil gambar yang unggah di download dari Google dan bukan hasil difoto sendiri, gambar produk yang upload terlihat buram, caption yang tidak sesuai dengan gambar, dan lain sebagainya.

Postingan konten yang membosankan juga dapat menyebabkan akun kamu tidak diminati oleh konsumen. Untuk itu, memperhatikan konten adalah sebuah kewajiban yang harus kamu lakukan. Selain dapat menarik konsumen, konten yang menarik juga dapat memperindah akun sosial media kamu.

5. Respon yang Kurang Terhadap Konsumen
Kesalahan berikutnya yang sering terjadi adalah kurangnya responsif terhadap pengguna media sosial lainnya. Meski kamu telah mencantumkan nomor kontak serta meminta konsumen untuk bertanya secara langsung. Namun, ada juga sebagian konsumen yang meninggalkan komentar di kolom komentar akun kamu.
Nah, pada saat seperti ini kamu harus selalu cepat tanggap dan bergerak cepat terhadap umpan balik yang diberikan oleh konsumen kamu. Sehingga konsumen akan merasa senang karena kamu dapat memberikan pelayanan yang baik. Karena umumnya konsumen adalah insan paling tidak sabaran dalam hal mendapatkan jawaban atas pertanyaan mereka.

6. Tidak Mengenal Konsumen
Zaman yang canggih membuat kamu semakin mudah untuk menganalisis orang lain yang terhubung dengan kamu. Melalui fitu insight di media sosial, kamu selaku pebisnis pemula dapat mengetahui data pengguna media sosial lainnya. Sebagai contoh, di Instagram kamu dapat mengetahui keberadaan followers kamu, usia dan jenis kelamin, dan lama waktu followers menggunakan Instagram dalam seminggu. Wawasan kamu tentang konsumen akan sangat memudahkan bagi kamu untuk membangun sebuah hubungan yang baik dengan konsumen.

Nah, demikianlah 6 kesalahan yang tidak boleh kamu lakukan dalam menjalankan bisnis online. Bagi kamu yang memiliki usaha di media sosial, sebaiknya hindari ke 6 hal di atas. Kelola akun kamu sebaik baik mungkin. Ingat! Mulailah sebuah dengan niat yang baik.

Load More By masterseoid
Load More In Media Sosial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Cara Kompres Foto di Android Tanpa Ribet

Sebuah foto yang dihadirkan melalui berbagai gadget tentulah memiliki sebuah hasil yang be…